Sakit dan Kaku Menjalar di Punggung? Gejala Ankylosing Spondylitis

Jangan meremehkan rasa nyeri dan kaku menjalar pada leher hingga punggung di bagian bawah. Mungkin tanpa Anda ketahui, ini bisa memicu peradangan pada tulang belakang yang merupakan penyakit kronis Ankylosing Spondylitis. Jika semakin parah, Ankylosing Spondylitis bisa membuat penderita bungkuk hingga sulit bergerak. Bahkan kalau menyerang tulang rusuk, sampai sulit bernapas.

Masuk kategori penyakit rematik sistemik, Ankylosing Spondylitis dapat mempengaruhi jaringan-jaringan lain di dalam tubuh. Peradangan tulang belakang (spine) ini lebih sering dialami oleh laki-laki dan bisa terjadi di segala usia. Berkembang di masa remaja atau dewasa awal (sekitar 20 tahunan), penderita bisa mengalami gejalanya selama bertahun-tahun.

Gejala-Gejala Ankylosing Spondylitis

Saat seseorang mengalami Ankylosing Spondylitis, gejala yang muncul adalah rasa nyeri di leher, nyeri panggul, punggung bawah, tulang rawan di antara tulang dada dan rusuk. Beberapa gejala lainnya seperti rasa lelah seolah kehilangan energi, enthesis (peradangan di tempat ligamen dan tendon menempel ke tulang) hingga arthtritis (peradangan sendi) di panggul dan lutut.

Jika dibiarkan, Ankylosing Spondylitis juga bisa membuat bengkak di area punggung. Ketika sakit punggung menyerang, bakal memicu perubahan psikis lain seperti nafsu makan menurun, berat badan merosot bahkan demam dan anemia. Bahkan beberapa penderita Ankylosing Spondylitis juga mengalami bengkak mata sampai penglihatan terganggu.

Penyebab Terjadinya Ankylosing Spondylitis

Ketika Anda mengalami beberapa gejala Ankylosing Spondylitis, tentu harus segera melakukan konsultasi ke dokter supaya tidak memicu kondisi merugikan lainnya. Lantas, apakah penyebab penyakit Ankylosing Spondylitis itu sendiri? Rupanya hingga saat ini, tenaga medis belum bisa menentukan penyebab utamanya.

Para ahli hanya bisa menyimpulkan kalau Ankylosing Spondylitis dipicu faktor genetik dan lingkungan. Hanya saja ada riset menyebutkan kalau gen HLA-B27 memegang peranan, lantaran 90% penderita Ankylosing Spondylitis memiliki gen tersebut. Namun belum tentu jika Anda mempunyai gen itu, bakal langsung mengalami Ankylosing Spondylitis.

Lantaran penyebabnya belum diketahui pasti, dibutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan Ankylosing Spondylitis pada seorang penderita. Olahraga, fisioterapi, operasi, obat-obatan tertentu hingga suntikan kortikosteroid di bagian sendi menjadi langkah-langkah pengobatan Ankylosing Spondylitis.