Arthritis Septik, Radang Sendi Akibat Infeksi

Arthritis septik adalah salah satu jenis radang seni yang disebabkan karena bakteri, virus dan jamur. Gangguan ini biasanya menyerang sendi dan bisa diderita oleh anak-anak maupun lansia. Penyakit septic arthritis juga dapat terjadi karena selaput seni yang tidak dapat melindungi seni dari infeksi. Akibatnya tubuh akan bereaksi dan menimbulkan peradangan pada sendi.

Infeksi ini berlangsung dengan cepat dan bisa merusak tulang mudah serta bagian tulang lain dalam sendi. Sehingga bagi seseorang yang mengalami gangguan artritis septik harus segera mendapatkan penanganan untuk mengatasi gejala yang menimbulkan rasa tidak nyaman.  Apabila dibiarkan maka akan bertambah semakin parah.

Siapa pun memiliki risiko untuk terkena artritis septik. Akan tetapi biasanya faktor risiko penyakit ini lebih cenderung menyerang anak-anak usia dibawah 3 tahun dan para lansia di atas usia 80 tahun. Lebih jauh tentang arthritis septik, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab gangguan sendi ini.

Penyebab Arthritis Septic

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya bahwa radang sendi artritis septik disebabkan karena infeksi bakteri, jamur atau virus. Bakteri yang menjadi penyebab gangguan ini yaitu jenis staphylococcus, streptokokus dan haemophilus influenza. Infeksi dari bakteri tersebut bisa menyebar melalui saluran peredaran darah dan mencapai sendi. Infeksi dapat terjadi karena adanya luka terbuka, suntikan obat atau operasi di daerah yang dekat sendi.

Sedangkan untuk jenis artritis septik yang disebabkan oleh infeksi jamur yaitu jenis hitoplasma, blastomyces atau coccidiomuces. sementara untuk jenis virus yang dapat menjadi penyebab penyakit artritis septik yaitu virus herpes, virus hepatitis A/ B/ C, adenovirus serta HIV. Ada beberapa faktor risiko yang dapat memicu seseorang mudah terkena penyakit radang sendi ini diantaranya:

  • Sistem kekebalan tubuh melemah sehingga mudah terjadinya infeksi
  • Mengalami cedera sendi seperti osteoarthritis, lupus atau arthritis
  • Kondisi kulit yang mudah pecah serta sulit sembuh sehingga memudahkan bakteri masuk ke tubuh
  • Menggunakan obat-obatan suntik, dll

Melalui penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa arthritis septik adalah salah satu jenis gangguan radang sendi yang disebabkan karena infeksi jamur, virus atau bakteri. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca.