Arteri Koroner

Tubuh manusia terdiri dari beberapa organ yang menopang kehidupan dan memiliki fungsi yang amat sangat penting. Salah satunya adalah jantung yang bertugas menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh. Pada organ jantung terdapat pembuluh darah besar bernama arteri koroner yang memiliki fungsi luar biasa vital.

Tak main-main, arteri koroner berfungsi mengalirkan darah segar yang kaya akan oksigen dari jantung ke otot-otot jantung. Dengan dinding yang cukup elastis, arteri koroner pada dasarnya mampu menjaga tekanan darah tetap konsisten. Ada dua jenis arteri koroner dalam jantung yakni arteri koroner kiri utama dan arteri koroner kanan utama.

Kenapa Arteri Koroner Sangat Penting?

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, arteri koroner berfungsi menyalurkan darah dan oksigen ke otot jantung. Melihat tugas yang diembannya, tak berlebihan kalau arteri koroner sangatlah penting bagi tubuh manusia karena mempengaruhi langsung kinerja jantung, sang organ penopang kehidupan. Karena peran yang sangat penting, masalah arteri koroner sangat berbahaya.

Bahkan risiko penyakit jantung yang ditakuti banyak orang itu bisa meningkat ketika arteri koroner mengalami kerusakan. Karena saat pasokan darah ke otot-otot jantung bermasalah, Anda bakal mengalami rasa nyeri hebat yang disebut serangan jantung. Telat penanganan bisa menimbulkan kematian pada seseorang.

Penyakit-Penyakit Seputar Arteri Koroner

Dalam dunia medis sendiri penyakit arteri koroner dikenal dengan yang namanya penyakit jantung koroner (Coronary Artery Disease = CAD). Penyakit ini terjadi saat adanya penumpukan plak pada pembuluh arteri koroner. Selayaknya bom waktu, penumpukan ini terjadi secara perlahan, bertahun-tahun dan akhirnya berisiko pecah.

Saat pembuluh arteri koroner pecah, darah bakal bertindak cepat dan melakukan proses pembekuan darah. Proses ini bisa saja menghambat aliran darah dari dan ke jantung. Kondisi ini secara singkat membuat Anda mengalami serangan jantung, angina (angin duduk), aritmia sampai gagal jantung.

Agar tidak mengalami hal-hal mengerikan yang berisiko kematian itu, memang dibutuhkan langkah serius. Yang utama adalah mengubah gaya hidup, rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan mengikuti prosedur pengobatan sesuai dengan anjuran dokter ahli.